Kamis, 17 November 2016

PERTEMUAN 3 - PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENCARIAN SPONSOR DAN PARTNERSHIP ANTARA ORGANISASI/KOMUNITAS KAMPUS DENGAN PERUSAHAAN BERBASIS WEBSITE (FRAMEWORK LARAVEL) DAN MOBILE (ANDROID) (SUB MODUL : PENGELOLAAN SPONSOR DARI PERUSAHAAN DAN PARTNERSHIP)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENCARIAN SPONSOR DAN PARTNERSHIP ANTARA ORGANISASI/KOMUNITAS KAMPUS DENGAN PERUSAHAAN BERBASIS WEBSITE (FRAMEWORK LARAVEL) DAN MOBILE (ANDROID) 
(SUB MODUL : PENGELOLAAN SPONSOR DARI PERUSAHAAN DAN PARTNERSHIP)


Latar Belakang Masalah

Analisis Dan Perancangan

 Analisis
Tahap analisis adalah tahap pemahaman terhadap suatu aplikasi yang telah dibuat. Dalam tahap ini bertujuan untuk mengetahui sistem dari aplikasi tersebut, proses-proses yang terlibat dalam aplikasi serta hubungan antar proses. Analisis juga sebagai penguraian atau penjelasan dari sebuah aplikasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi masalah-masalah, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi serta kebutuhan yang diharapkan sehingga terdapat usulan untuk perbaikan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam tahap analisis sistem, yaitu :
1.        Pengenalan atau identifikasi masalah, langkah ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan, yaitu dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada sehingga sasaran yang ingin dicapai dapat terlaksana.
2.        Memahami kerja dari sistem yang ada, langkah ini dilakukan dengan mempelajari secara rinci bagaimana jalannya sistem yang sudah ada.
3.        Menganalisis hasil penelitian, hal yang perlu diperhatikan dalam tahapan ini adalah menganalisis kebutuhan informasi pemakai sistem berdasarkan data yang diperoleh atas dasar hasil penelitian.
Membuat laporan penelitian, merupakan tahap akhir yang disusun dalam suatu rangkuman dari langkah-langkah sebelumnya



3.1.1.1  Analisis Dokumen yang digunakan

      Dalam proses pembuatan Aplikasi Pencarian Sponsorship dan Partnership pada antara Organisasi/Komunitas Kampus dengan Perusahaan  (Sub Modul Pengelolaan Sponsor dari Perusahaan dan Partnership , ada beberapa dokumen dari Perusahaan yang terlibat dan digunakan, antara lain.
1.      Dokumen Data Perusahaan
2.      Dokumen Data Dana Sponsorship.
3.      Dokumen Data Kerjasama dengan Organisasi/Komunitas Kampus.

3.1.2     Analisis Sistem  yang akan dibangun
3.1.2.1  Analisis Prosedur/Flow Map yang dibangun





3.1.2.2     Analisis Kebutuhan Aplikasi
Aplikasi Pencarian Sponsorship dan Partnership pada antara Organisasi/Komunitas Kampus dengan Perusahaan  (Sub Modul Pengelolaan Sponsor dari Perusahaan dan Partnership ini dibuat untuk memudahkan para perusahaan dalam melakukan pencarian penerima dana dan partnership. Sistem yang dibuat ini dapat memberikan :
                  1.Pengelolaan Data Perusahaan
                  2.Pengelolaan Data Dana
                  2.Pengelolaan Data Partnership

3.1.2.3     Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak dan Perangkat Keras
3.1.2.3.1     Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Spesifikasi perangkat lunak yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
Tabel 3.1 Spesifikasi Perangkat Lunak
No.
Jenis

Keterangan
1
Sistem Operasi
:
Microsoft Windows 10 Pro 64bit
2
Bahasa Pemrograman
:
Framework Laravel PHP,Java,Javascript Angular JS,  
3
Database
:
MySQL,Firebase,Google Cloud Platform
4
Perangkat Lunak
:
Visual Studio Code, Atom , Android Studio IDE

3.1.3        Analisis Kebutuhan Perangkat Keras
Pembuatan Sistem Informasi ini menggunakan perangkat keras sebagai berikut:
Tabel 3.2 Spesifikasi Perangkat Keras
No.
Jenis

Keterangan
1
Processor
:
Intel® core™i3
2
Memory
:
4 GB
3
Monitor
:
LCD 14,1 Inchi
4
Mouse dan keyboard
:
Standard


Nama : Muhammad Firman Kahfi
NPM : 1144015
Kelas : 3B
Program Studi : Diploma IV Teknik Informatika
Kampus : Politeknik Pos Indonesia
Link Organization Github Commu : https://github.com/Commu-Bandung
Link Repo Github : https://github.com/Commu- Bandung/MuhammadFirmanKahfi/blob/master/doc/laporan/BAB-III.md

Daftar Pustaka
Ginting,  Rosnani, 2010, Perancangan Produk,(Online) http://eprints.upnjatim. ac.id/4797/2/file2.pdf (diakses pada 10 Oktober 2016)
Toha, Mifta, 2010, http://eprints.ung.ac.id/2764/5/2012-1-74201-271408002-bab2-13082012 025149.pdf (diakses pada 11 Oktober 2016)   
Syamsi, J Nur, Perangkat Lunak Aplikasi, (Online) http://jnursyamsi.staff.gunadarma.ac.id/ Downloads/ files/31097/MSIM2+Perangkat+Lunak+Aplikasi.pdf (diakses pada 11 Oktober 2016)
 Budiman, Gilang, 2009, Pengaruh Self Literatur, (Online) http://lib.ui.ac.id /file?file=digital/127037-6675-Pengaruh%20self-Literatur.pdf (diakses pada 11 Oktober 2016)
Sulistiyani, Ambar Teguh, 2004, Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan, (Online) http://digilib.unila.ac.id/10920/6/BAB%20II.pdf (diakses pada 11 Oktober 2016)
Tim Dosen, 2007, Universitas Sumater Utara, (Online) http://repository .usu.ac.id/bitstream/123456789/29304/4/Chapter%20II.pdf (diakses pada 11 Oktober 2016)
Adis Lena Kusuma Ratna, 2014, Ilmu Teknologi Informasi, (Online), (http://ilmuti.org/wp-content/uploads/2014/05/Adis-Lena-Kusuma-ratna-Pengertian-PHP-dan-MySQL.pdf , diakses 14 Oktober 2016).
Bayu Aji, 2010, Unified Modeling Language, (Online), (http://bayuaji.staff. gunadarma.ac.id/Downloads/files/32096/UML.pdf, diakses 14 Oktober 2016).
Tim AirPutih, 2014, Panduan Framework PHP, (Online), (http://www.airputih.or.id/file/file ebook/YxW5_Panduan-Laravel.pdf, diakses 14 Oktober 2016).
Murtiwiyati, dan Glen Lauren, KOMPUTASI Komputer & Sistem Informasi, (Online), (http://murtiwiyati.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf, diakses 14 Oktober 2016).
David Fajar Hermawan, Iwan Setiawan, S.T., M.T. Trias Andromeda S.T.,M.T. 2011, Penggunaan Teknologi Java Pada Sistem Pengendali Peralatan Elektronik Melalui Bloethooth, (Online), (http://eprints.undip.ac.id/25485/1/ML2F002567.pdf, diakses 14 Oktober 2016).

Link URL Scan Plagiarism
Via Duplichecker :

Via SmallSeoTools :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar